proposal

Latarbelakang Masalah

suatu cara departemen sumber daya manusia dalam meningkatkan sumber daya manusia, motivasi dan kepuasan kerja kepada karyawan adalah dengan pemberian kompensasi yang adil dan bijaksana, motivasi yang baik, lingkungan kerja yang nyaman dan aman, sarana dan prasarana yang cukup dan jaminan keselamatan yang sesuai. kopensasi mempunyai pengaruh yang sangat vital dalam menunjang kepuasan karyawan, karena kopensasi adalah salah satu cara yang dapat menjadi motor penggerak yang luarbiasa dalam mengembalikan kinerja karyawan agar menjadi lebih menarik dan baik.

pentingnya kopendasi sebagai balas jasa bagi karyawan wangat berpengaruh sekali terhadap prilaku dan hasil kerja. Bila kopendasi diberikan secara benar dan teratur, maka pera karyawan akan merasa terpuaskan dan termotivasi untuk bekerja, sehingga tujuan perusahaan mudah terwujud. Kompensasi sangat penting bagi kesejahteraan karyawan, karena jumlah pemberian kompensasi kepada karyawan dalam bentuk upah dan balas jasa lainnya sering merupakan komponen-komponen biaya penting dan benar. Disamping itu kompensasi mempunya dampak penting terhadap perekonomian nasional yang sebagian datang dari pemberian pendapatan karyawan adalah sebagian besar dari daya beli yang digunakan untuk membeli barang-barang dan jasa hasil produksi perusahaan-perusahaan.

Dalam pemberian kompensasi, manajemen perlu memperhatikan prinsip keadilan. Para karyawan biasanya menialai dengan perbandingan besarnya kompensasi yang di terima dengan karyawan-karyawan lainnya hal itu menyangkut hak dan kewajiban perusahan.

Tenaga kerja yang tersedia bagi perusahaan tidak semuanya dapat langsung menjadi tenaga kerja yang produktif. Tenaga kerja dalam perusahaan harus diseleksi, ditempatkan, dilatih, dinilai prestasinya serta diberi upah atau gaji yang memadai. Kondisi kerja karyawan harus selalu dikendalikan, terutama yang menyangkut keselamatan kerja mereka. Apabila kondisi perusahaan memungkinkan maka pemberian tujuan, insentif dan asuransi bagi karyawan akan meningkatkan kepuasan kerja mereka, sehingga pada akhirnya prosuktivitas karyawan tersebut akan meningkat pula.

Dari berbagai hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli perilaku karyawan menunjukan bahwa faktor utama ketidak puasan kerja karyawan adalah kompensasi yang tidak sesuai dengan harapan karyawan. Disampingitu Motivasi yang buruk, lingkungan kerja yang tidak baik, sarana dan prasarana yang kurang menunjang serta jaminan keselamatan dari perusahaan yang tidak jelas akan dapat menimbulkan prilaku negative karywan terhadap perusahaan yang dapat dilihat dari turun naiknya peroduktivitas karyawan.

Kondisiini menuntut suatu perusahaan untuk mengembangkan performancenya, dan hal itu harus didukung pula oleh karywan yang provesional dan memiliki loyalitas serta dedikasi yang tinggi. untuk mencapai hal tersebut, maka pemberian kompensasi yang adil dan memuaskan harus diwujudkan, motivasi yang baik, menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman, memberikan sarana dan prasarana yang berkualitas dan lengkap serta adanya jaminan keselamatan yang pasti dari perusahaan akan dapat mengurangi timbulnya penurunan produktivitas tenaga kerja yang berlebihan.
Untuk mewujudkan produktivitas yang baik karyawan juga harus diberi motivasi yang baik pula karena motivasi adalah pemberian daya penggerak yang menciptakan ke gairahan seseorang agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya untuk mencapai kepuasan.

No comments:

Post a Comment